Saturday, November 12, 2011

.:Apa Itu Web Browser??:.

Web Browser adalah suatu program yang digunakan untuk menjelajahi dunia Internet atau untuk mencari informasi tentang suatu halaman web yang tersimpan di komputer. Awalnya, web browser hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar.

A. World Wide Web
World wide web (www, atau disingkat web) adalah suatu ruang informasi di mana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). Web sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, tetapi sebenarnya ia hanyalah bagian dari internet.
Web memberikan layanan browsing atau surfing bagi pengguna internet. Layanan ini dapat memberikan informasi dalam berbagai format atau multimedia. Informasi teks, gambar, suara, dan video dapat dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi yang ditulis dalam web berbentuk format HTML.
Untuk membuka web server www, komputer yang digunakan harus mempunyai program web client atau disebut dengan web browser. Web browser yang dapat digunakan yaitu Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Lynx, Mosaic, dan Netscape Navigator/Communicator.


B. Menu dan Fasilitas Web Browser
Web Browser pada umunya memiliki fungsi sebagai berikut :

1. Mendapatkan informasi yang diminta dan menampilkannya
2. Berinteraksi dengan server
3. Menampilkan dokumen elektronik
4. Download dan upload informasi
5. E-mail (fasilitas email akan dijelaskan secara terperinci di bawah)
6. Newsgroup
7. Berbelanja secara elektronik
8. Hiburan
9. Belajar
10. Berpatisipasi dalam kelompok diskusi

Dalam blog ini, web browser yang akan dibahas adalah Microsoft Internet Explorer. Menu yang dimiliki IE terdiri dari menu File, Edit, View, Favorites, Tools, dan Help. Terdapat enam bagian informasi yang ditampilkan dalam jendela web browser IE, yaitu :

1. Title bar, merupakan judul dari halaman web yang sedang dibuka. Title bar terletak pada baris kiri paling atas dari jendela web browser.
2. Menu bar, merupakan menu pull-down yang berupa kumpulan perintah-perintah dalam bentuk teks yang salah satu hurufnya digarisbawahi. Perintah-perintah dalam menu ini memiliki fasilitas tersendiri. Untuk lebih jelasnya dapat dicoba sendiri. :)
3. Toolbar, merupakan kumpulan perintah yang terdiri dari gambar atau ikon yang digunakan sebagai jalan pintas (shortcut) untuk mengakses informasi di internet.
4. Address bar, merupakan tempat untuk mengisikan alamat URL suatu website.
5. Workspace, merupakan ruangan untuk menampilkan halaman atau informasi dari suatu website yang sedang dibuka.
6. Status bar, merupakan tempat untuk menampilkan informasi status halaman web yang sedang dibuka.

C. Mengaktifkan Web Browser Internet Explorer
Untuk mengaktifkan web browser IE, berikut uraiannya.

* Klik menu Start.
* Arahkan pointer mouse pada All Programs.
* Klik Internet Explorer.

Anda juga dapat mengaktifkan IE melalui taskbar dengan mengklik ikon Quick Launch Internet Explorer. Apabila pada taskbar belum terdapat ikon Quick Launch Internet Explorer, anda dapat mengaktifkannya dengan cara sebagai berikut.

* Klik kanan pada taskbar.
* Arahkan pointer mouse pada Toolbars.
* Klik Quick Launch.

Setelah web browser IE diaktifkan, sesaat akan tampil halaman web situs default, yaitu msn.com atau microsoft.com.

D. Mengatur Default Web Browser
Dari beberapa web browser yang ada dalam komputer, anda dapat menentukan web browser default. Berikut uraian untuk mengatur default web browser.

1. Internet Explorer : Aktifkan Internet Explorer---Klik menu Tools---Klik Option---Klik tab Programs---Beri tanda centang pada opsi Internet Explorer should check to see whether it is the default browser---Klik OK.
2. Mozilla Firefox : Aktifkan Mozilla Firefox---Klik menu Tools---Klik Options, kemudian akan ditampilkan dialog Options---Klik tab General---Beri tanda centang pada opsi Mozilla Firefox should check to see if it is the default browser when starting---Klik OK.
3. Opera : Klik menu Tools---Klik Preferences, kemudian akan ditampilkan kotak dialog Preferences---Klik tab Default Applications---Beri tanda centang pada opsi Check if Opera is default browser on startup---Klik OK.

E. Membuka Website atau Situs

1. Setting Halaman Default Web Browser. Berikut adalah langkah-langkahnya : Aktifkan IE---Klik Menu Tools---Klik Internet Options, kemudian akan ditampilkan kotak dialog Internet Options---Klik tab General---Pada kotak isian Address di bagian Home Page, isi dengan alamat default yang diinginkan---Klik Apply---Klik OK
2. Membuka Website dengan Menu. Berikut langkah untuk membuka website dengan menu : Aktifkan IE---Klik menu File---Klik Open, kemudian tampil kotak dialog Open---Ketik alamat yang dituju pada kotak isian Open---Klik OK
3. Membuka Halaman Web dengan Address Bar. Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan : Aktifkan IE---Pada kotak address bar ketik alamat atau URL website yang dituju---Klik Go atau tekan Enter
4. Cara Membuka Halaman Web dengan Web Browser yang Sama. Klik menu File---Arahkan pointer mouse pada New---Klik Window---Kemudian ketik alamat web yang akan dituju pada kotak Address
5. Menandai Halaman Favorit. Klik menu Favorites---Klik Add to Favorites, kemudian tampil kotak dialog Add Favorite---Pada kotak Name akan tertulis judul halaman yang sedang dibuka---Klik tombol Create in<<---Klik tombol New Folder---Ketik nama folder pada kotak isian Folder name---Klik OK. Atau anda dapat menggunakan cara lain, yaitu : Aktifkan IE---Klik ikon Favorites, kemudian workspace akan terbagi 2 secara vertikal---Klik tombol Add, kemudian akan tampil kotak dialog Add Favorite---Ketik nama website favorit pada kotak isian Name---Klik OK.
6. Membuka Halaman Web Favorit. Aktifkan IE---Klik menu Favorites---Arahkan pointer pada folder halaman favorit anda---Klik nama halaman favorit yang akan dibuka. Atau anda dapat menggunakan cara lain, yaitu : Aktifkan IE---Klik ikon Favorites---Klik folder halaman favorit anda---Klik link halaman favorit yang akan dibuka.
7. Mengelompokkan Halaman Favorit. Klik menu Favorites---Klik Organize Favorites---Klik tombol Create Folder/Rename/Move to Folder---Klik Close
8. Menutup Halaman Web. Klik menu File---Klik Close. Atau klik ikon Close


F. URL dan Homepage
URL (Uniform Resource Locator) adalah alamat yang menunjukkan rute atau jalur ke file atau fasilitas internet yang lain di web. Contoh : http://aku-punya.com/cara-membuat-screenshot.html
Homepage adalah halaman pertama atau halaman depan dari suatu website. URL terletak setelah homepage.


G. Hypertext dan HTML
Hypertext merupakan format teks yang umum digunakan di internet. Hypertext adalah dokumen online dalam bentuk tulisan atau gambar dan berhubungan dengan dokumen lainnya.
Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser internet. HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luasuntuk menampilkan halaman web. HTML merupakan standar internet yang saat ini dikendalikan oleh World Wide Web Consorsium (W3C).

Soal Latihan!!
1. Berikut ini manfaat dari web broser, kecuali…
a. Mendapatkan informasi dengan cepat
b. Mendapatkan informasi yang diinginkan
c. Bisa berkomunikasi dengan yang lain
d. Menghabiskan waktu
e. Menambah pengetahuan

2. Sisi negatif dari web browser, kecuali…
a. Menghabiskan waktu
b. Menghabiskan uang
c. PC bisa terkena virus
d. Mendapatkan informasi yang diinginkan
e. Menjadi malas bekerja

3. Program aplikasi yang dapat digunakan untuk web browser adalah…
a.Transtool
b.EWB
c.Internet exploler
d.Windows exploler
e.Java

4. Sisi negatif dari web browser, kecuali…
a. Menghabiskan waktu
b. Menghabiskan uang
c. PC bisa terkena virus
d. Mendapatkan informasi yang diinginkan
e. Menjadi malas bekerja

5. Program aplikasi untuk web browser, kecuali…
a. Windows exploler
b. Avant browser
c. Internet exploler
d. Opera
e. Mozila

No comments:
Write comments